Mengenal 5 Elemen pada Nasi Tumpeng Jakarta

Mengenal 5 Elemen pada Nasi Tumpeng Jakarta

Bagi masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan makanan khas Nasi Tumpeng. Tumpeng merupakan makanan khas Jawa yang disajikan dengan nasi berbentuk kerucut dan ditata bersama lauk pauk di sekelilingnya. Saat ini terdapat inovasi baru dari tumpeng yaitu nasi tumpeng mini Jakarta.

Seperti halnya nasi tumpeng biasanya, hanya saja nasi tumpeng mini ini berukuran kecil dengan porsi lauk yang juga lebih kecil. Kemudian untuk pelengkap lauknya, juga sama saja dengan tumpeng biasa dengan porsi lebih sedikit. Seperti ayam goreng, telur dadar, abon, perkedel, timun dan lainnya. Setiap elemen pelengkap pada tumpeng juga memiliki makna tersendiri.

Elemen yang Terdapat Pada Nasi Tumpeng Mini Jakarta


1. Nasi kuning atau nasi putih

Salah satu elemen penting pada nasi tumpeng adalah nasi. Anda bisa memilih mau nasi putih maupun nasi kuning. Nasi putih yang sering dipakai memiliki makna bersih dan halal. Namun tak ada salahnya juga memilih nasi kuning.

2. Ayam goreng

Ayam goreng menjadi lauk palig diminati pada nasi tumpeng. Selain itu lauk ayam juga mengandung filosofi sebagai hewan darat, yang artinya manusia harus berpijak di bumi, tidak boleh bersifat sombong.

3. Sayur urap-urap

Pada tumpeng, tentunya juga dilengkapi dengan sayuran urap-urap. Urap-urap ini terdiri dari beberapa sayuran yang memiliki filosofinya masing-masing. Misalnya saja kacang panjang yang bermakna harus berpikir panjang dalam mengambil keputusan, kangkung artinya melindungi, bayam artinya tentram, tauge artinya tumbuh dan masih banyak lagi.

4. Telur


Telur juga menjadi salah satu lauk pauk wajib pada tumpeng mini Jakarta. Telur memiliki filosofi untuk mengingatkan manusia agarselalu merencanakan tindakan yang ia lakukan. Hal ini terlihat pada elemen telur yang terdiri dari kulit, putih telur serta kuning telur.

5. Ikan teri atau ikan asin

Ikan teri yang ada pada nasi tumpeng rupanya juga memiliki filosofi yang dalam. Dimana hidup ikan teri yang bergerombol menjadi simbol kerukunan.

Nah itu tadi 5 elemen penting pada nasi tumpeng atau nasi tumpeng mini Jakarta. Nasi tumpeng sangat cocok disajikan untuk acara ulang tahun atau acar syukuran lainnya. Anda bisa pesan di tumpengminijakarta.com.  

Belum ada Komentar untuk "Mengenal 5 Elemen pada Nasi Tumpeng Jakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel