Tak Hanya Bagus Untuk Lambung, Inilah Sederet Manfaat Kunyit Lainnya


Di Indonesia, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang cukup mudah ditemukan. Karena tumbuhannya sendiri banyak sekali di tanam oleh masyarakat hingga kini. Hal ini lantaran kunyit kerap digunakan sebagai bumbu dalam olahan masakan Indonesia. Selain itu, masyarakat juga banyak memanfaatkannya untuk diolah menjadi minuman tradisional yang bagus untuk kesehatan. Namun tahukah Anda, bahwa kunyit ternyata juga bisa digunakan untuk pengobatan. Bahkan menurut beberapa sumber, kunyit juga sangat bagus untuk lambung. 

Kunyit memiliki sifat antiradang dan antioksidan karena kandungan bahan aktif di dalamnya yang bernama kurkumin. Bahan aktif inilah yang menjadi alasan kenapa kunyit sangat bagus untuk kesehatan. Nah berikut ini sederet manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan: 

1. Melawan infeksi.

Kunyit mengandung zat yang mampu melawan bakteri, jamur, dan parasit. Karena keunggulannya inilah yang menjadikan kunyit bersifat antiseptik yang mampu mencegah terjadinya infeksi pada luka. Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobati luka atau luka bakar. Caranya dengan menghaluskan kunyit menjadi seperti pasta atau bubur, untuk kemudian mengoleskannya pada bagian luka. 

2. Memiliki sifat anti kanker.

Kurkumin merupakan zat aktif yang terdapat pada kunyit. Kurkumin sangat berkhasiat untuk mencegah perkembangan tumor dan sel kanker, seperti pada kanker usus besar. namun untuk manfaat sebagai pengobatan pada kanker ini baru dilakukan percobaan pada hewan. Untuk sementara belum diteliti secara klinis untuk khasiat kunyit sebagai pengobatan kanker pada manusia. Sehingga ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan kunyit untuk pengobatan.

3. Meringankan peradangan.

Kandungan kurkumin pada kunyit juga memiliki sifat anti radang. Sehingga karena sifatnya inilah membuat kunyit bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan nyeri ketika mengalami kondisi penyakit tertentu, seperti radang sendi, penyakit autoimun, dll. Namun untuk efektifitas dan juga efek samping dari penggunaan kunyit untuk mengatasi peradangan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengurangi kolesterol.

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat yang tertangani dengan baik tentunya bisa mencegah dari resiko mengalami penyakit jantung dan mengontrol kadar kolesterol pada mereka yang mengalami kolesterol tinggi. 

5. Mencegah dari penyakit yang berhubungan dengan usia.

Saat sudah berusia lanjut, biasanya akan rentan terserang berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit Alzheimer. Pada mereka yang menderita Alzheimer, pada bagian otaknya mengalami perkembangan protein yang abnormal bernama beta-amyloid. Untuk mencegah pertumbuhan protein abnormal ini, maka bisa mengonsumsi kunyit. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin di dalamnya sangat ampuh untuk mengatasi protein abnormal tersebut, jika dikonsumsi bersama dengan vitamin D. Sayangnya khasiat kurkumin pada kunyit ini hanya bisa digunakan untuk pencegahan. Sehingga jika penyakit Alzheimer sudah diderita oleh seseorang, maka kunyit tidak bisa membantu untuk menyembuhkan gejala-gejala penyakit.

6. Melindungi usus dan lambung.

Kunyit juga dipercaya sangat bagus untuk memelihara kesehatan organ pencernaan. Hal ini karena kandungan antiradang dan antioksidan di dalamnya mampu meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Untuk kesehatan lambung, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah dari timbulnya tukak lambung.

Itu tadi beberapa manfaat dari kunyit yang bagus untuk kesehatan. Yang mana salah satunya Anda juga bisa memanfaatkan khasiat kunyit untuk lambung agar tetap sehat dan bugar. Mengingat sebagian dari manfaat kunyit masih dalam penelitian lebih lanjut, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Terutama jika Anda berencana menggunakan bahan alami untuk pengobatan jangka panjang. Jangan sampai karena tidak berkonsultasi terlebih, ada efek samping yang didapatkan di kemudian hari.


Referensi:

  • Gastrointestinal Society - Canadian Society of Intestinal Research. Many Benefits of Turmeric
  • 1MD. How Turmeric Helps Heal The Gut And Your Body.
  • Promag. Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Gangguan pada Lambung

Belum ada Komentar untuk "Tak Hanya Bagus Untuk Lambung, Inilah Sederet Manfaat Kunyit Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel